Cincin nikah dalam islam




Cincin nikah


Cincin nikah merupakan sebuah simbol atas bukti cinta sepasang kekasih . Seseorang  yang menjalin hubungan serius biasanya dia akan membuktikannya dengan cincin nikah, untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Mencintai dan dicintai adalah anugrah terbesar yang di berikan oleh Allah s.w.t . Sebuah rasa yang tidak dibisa diungkapkan dengan kata-kata, sebuah rasa yang sangat indah hingga terkadang orang menjadi lupa diri karena cinta .

Di dalam islam tidak ada istilah pacaran , tetapi di dalam islam diajarkan untuk ta’aruf.Ta’aruf adalah kegiatan bersilaturahmi, bisa juga disebut berkenalan dengan bertatap muka atau bertamu kerumah seseorang dengan tujuan berkenalan dengan penghuninya . Tujuan dari ta’aruf ialah perkenalan untuk mencari jodoh, Ta’aruf dilakukan jika kedua belahpihak keluarga saling setuju dan tinggal menunggu keputusan anak untuk bersedia atau tidak untuk dilanjutkan kejenjang khitbah (pernikahan).

“ dan janganlah kamu mendekati zina, Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji , dan suatu jalan yang buruk “ ( Q.S  17 : 32 ) .

Ketika sang anak laki-laki dan perempuan itu serius untuk melanjutkan kejenjang yang serius yaitu khitbah ada yang disebut cincin nikah tunangan dan perempuan ini harus memakai cincin nikah nya untuk tanda bahwa perempuan ini sudah di khitbah oleh sang laki-laki dengan cincin kawin tunangan itu sendiri.
Setelah itu sang laki-laki mempersiapkan apa yang dibutuhkan seperti mahar emas , cincin kawin dan lain-lain. Disinilah baru dikatakan sah ketika cincin nikah itu dipakai di laki-laki dan perempuan setelah akad. Betapa mulianya cincin kawin itu sendiri .
Kenapa cincin nikah disebut mulia ?
1.    cincin nikah bisa mempersatukan dua insan ( laki-laki dan perempuan ) dalam jenjang pernikahan
2.    cincin nikah juga di buat dari bahan emas yang bagus untuk sang wanita dipakai dan disertai dengan berlian . alangkah mulianya wanita itu dikenakan cincin nikah dengan bahan emas dan berlian . untuk sang laki-laki tidak perlu khawatir karena zaman sekarang cincin nikah bisa terbuat dari palladium , platina dan perak.
3.    cincin nikah sebagai pengingat nanti ketika disaat mengulang kenangan dimasa lalu . alangkah mulianya cincin nikah ini ketika dipakai.


Itu tadi artikel yang saya buat apa bila ada tulisan mohon ma’af, semoga bermanfa’at.

www.cincinnikah.org











0 Response to Cincin nikah dalam islam

Posting Komentar